Tips Untuk Merawat VGA Agar Awet

By | 26/04/2019

VGA merupakan salah satu komponen paling penting di PC yang berperan cukup vital, terutama bagi kamu yang menggunakan komputer untuk kegiatan-kegiatan yang membutuhkan kemampuan grafis yang mumpuni seperti bermain game dan desain grafis. Oleh karena tugasnya yang cukup berat, VGA sering sekali mengalami overheat, dan bila hal ini kamu acuhkan bukan tidak mungkin kalau VGAmu akan rusak dalam waktu yang tepat.

Tips Untuk Merawat VGA Agar Awet

Menggunakan PSU Berkualitas

Hal ini vital banget untuk menjaga VGAmu agar tidak rusak. PSU berkualitas akan memberi aliran listrik yang stabil dan aman kepada komponen-komponen hardware yang ada di PCmu, tak terkecuali VGA. Sebaliknya, jika kamu menggunakan PSU abal-abal maka hal itu tentu akan berdampak buruk bagi komponen-komponen PCmu, dalam waktu cepat atau lambat. Parameter sederhana untuk mengetahui suatu PSU berkualitas adalah PSU yang terdaftar sebagai PSU 80+.

Jaga Suhu VGA

Suhu adalah salah satu hal yang berpengaruh terhadap rusaknya suatu VGA. Oleh karena itu, VGA Card yang kamu punyai harus terus terjaga kondisi suhunya, bagaimana caranya? kamu bisa menambah fan eksternal tambahan untuk VGAmu, dan melakukan pembersihan debu-debu yang menempel di fan secara rutin. Cara lainnya adalah dengan tidak memaksakan VGA untuk menjalankan tugas yang berat dalam waktu yang lama secara berturut-turut.

Jangan Melakukan Overclock (Berlebih)

Dengan melakukan overclock berarti kamu memaksa VGA untuk bekerja lebih keras dari kemampuannya dan tentu hal itu sangat berpengaruh terhadap suhu panas dan keawetan suatu VGA. Jika tidak mendesak, overclock tidak perlu dilakukan bila melihat dampak negatifnya yang cukup mengerikan.

Lain-lain

Selalu update driver VGAmu agar sistemnya tetap stabil dan maksimal. Cek driver terbaru VGA mu disini: NVIDIA atau AMD
Gunakanlah thermal paste (pasta pendingin) untuk menjaga suhu vgamu, tapi ingat! gunakanlah thermal paste saat garansi vgamu sudah habis, karena membongkar VGA akan menghanguskan klaim garansimu.
Jangan sering-sering melepas-pasang VGA, hal ini dilakukan untuk menghindari kecelakaan-kecelakaan yang dapat menyebabkan VGA patah atau rusak.
Pastikan fan VGA terpasang dengan baik dan benar (tidak longgar).
Jangan gunakan VGA diluar batas kemampuannya, misalnya VGA kelas menengah digunakan untuk bermain game berat dengan layar beresolusi tinggi, hal ini akan menyiksa vgamu.