Tips Merawat CPU Komputer Agar Awet

By | 24/04/2019

Tips Merawat CPU Komputer Agar Awet dan Tahan Lama

1. Rutin Membersihkan CPU

Walaupun tidak semu warnet seperti itu. Ketika anda menggunakan CPU yang kotor pasti sangat terasa perbedaannya daripada menggunakan CPU yang lebih bersih. CPU yang kotor, sistem kerja pada komputer tersebut kurang maksimal, sering nge lag, dan berbagai permasalahan lainnya. Bakteri-bakteri yang terdapat pada CPU tersebut bisa merusak setiap komponen yang terdapat didalam CPU. Jadi, jika anda memiliki komputer sendiri di rumah, jangan lupa untuk membersikan CPU komputer dengan rutin. Tidak lupa, bersihkan juga power supplynya. Setidaknya lakukan pembersihan selama 6 bulan sekali. Jika ingin aman, anda bisa membersihkannya melalui tukang servis.

2. Menggunakan Stabilizer

Merawat CPU bisa menggunakan stabilizer. Penggunaan komputer sangatlah bergantung pada aliran listrik. Aliran listrik terkadang tidak stabil sehingga menyebabkan kerusakan dalam waktu yang singkat. Apalagi jika komputer anda teraliri listrik secara terus menerus. Solusinya, anda bisa menggunakan stabilizer atau stavolt untuk menstabilkan tegangan arus listrik pada komputer tersebut.

3. Pasang Kabel Ground

Mengapa memasang kabel ground? CPU yang terlalu panas jika dipegang bisa saja menyebabkan tangan anda tersengat listrik yang bisa melukai tangan anda. Hal ini disebabkan karena adanya aliran listrik yang tinggi hingga sampai ke bagian CPU tersebut. Maka dari itu, sebaiknya pasanglah kabel ground supaya lebih aman.

4. Jangan Mematikan Sembarangan

Banyak orang yang tidak mengerti bagaimana seharusnya mematikan komputer itu, mematikan komputer tidak boleh dilakukan secara asal agar tak merusak komponen komputer. Mencabut langsung kabel yang ada di CPU adalah suatu kesalahan yang fatal yang menyebabkan CPU menjadi rusak berat. Pastikan anda mematikan komputer sesuai prosedur dan dengan langkah-langkah yang tepat. Dimulai dari menekan tombol shut down hingga power sampai mematikan CPU. Pastikan anda lakukan secara berurutan tidak diloncat-loncat.

5. Taruh CPU Ditempat yang Sejuk

Menaruh CPU sebaiknya ditempat yang sejuk. Jauhkan dari panas matahari ataupun hal-hal lain yang menyebabkan CPU menjadi panas. CPU yang diletakan di tempat yang terlalu panas menyebabkan cepat rusaknya benda tersebut. Menaruh diruangan ber AC bisa jadi pilihan yang tepat.