Tips Merakit Komputer Untuk Pemula

By | 13/06/2019

Tips Merakit Komputer Untuk Pemula

Jadi sebelum anda mulai merakit PC, yang harus anda pikirkan terlebih dahulu adalah, PC/ komputer seperti apa yang anda mau? Apakah buat full gaming? Atau full editing/ render? Atau buat dua duanya gaming dan editing? Atau mungkin cuma buat pekerjaan ringan saja seperti multimedia, browsing, streaming, office? Karena merakit PC itu juga disesuaikan dengan kebutuhan. Jangan asal rakit atau asal beli komponen PC yang mahal mahal akhirnya cuma digunakan buat browsing dan multimedia saja. Rugi dan pastinya mubazir.

Oke, setelah anda sudah yakin dengan pilihan anda mau build PC jenis apa, langsung saja tips berikutnya adalah memilih prosesor/ CPU. Karena saat ini ada dua pilihan prosesor buat para pengguna PC, mau prosesor dari Intel atau dari AMD. Kedua prosesor tersebut sebenarnya sama bagusnya, cuma yang pasti anda sudah tahu bahwasanya untuk prosesor besutan Intel ini biasanya harganya lebih mahal daripada AMD, tapi memang diakui bahwa Intel ini lebih baik daripada AMD. Saya juga tidak berpihak di salah satu ya, tapi memang pada kenyataannya memang Intel lebih unggul. Mereka yang lebih memilih AMD biasanya dikarenakan harga prosesor AMD sendiri lebih murah.

Oke sebagai acuan saja, jika anda ingin build PC untuk keperluan banyakan editing/ render dan sedikit gaming, ambil saja prosesor AMD. Dan per 2018 ini rekomendasi prosesor AMD yang bagus adalah AMD Ryzen. Untuk lebih memaksimalkan performance untuk editing, ambil minimal yang Ryzen 5, tapi jika budget kurang boleh ambil Ryzen 3.

Sedangkan jika anda ingin build PC untuk keperluan full gaming atau sedikit editing, bisa ambil prosesor Intel, yang terbaru per 2018 ini adalah generasi Skylake, Kabylake dan Coffeelake. Prosesor Intel tersebut memang sangat powerfull buat gaming.

Apalagi untuk sekelas Intel Core i7, buat gaming maupun editing sudah tidak perlu diragukan lagi performance nya. Tapi sekali lagi, kembali lagi ke budget, kalau budget anda tidak sampai untuk beli Intel ya mending ambil AMD saja. Karena untuk prosesor Ryzen ini baik buat gaming maupun editing juga cukup powerfull.

Lantas apa saya harus memilih prosesor Ryzen atau core i Skylake, Kabylake/ Coffeelake saja, tidak ada pilihan lain kah? Oh, tidak harus, semua kembali lagi ke budget, tidak harus memilih prosesor tersebut, karena masih banyak pilihan prosesor, baik Intel maupun AMD yang harganya lebih murah.
Misalnya untuk Intel masih ada prosesor yang harganya terjangkan misal Intel Pentium G….(misal G4560 atau G4600). Atau untuk harga lebih murah bisa memilih generasi bawahnya misal Intel Haswell atau Ivybridge. Atau untuk AMD juga ada versi murah yaitu versi Bristol Ridge.

Untuk tahun 2018 ini saya sarankan jika anda ingin memilih prosesor Intel ambil yang Skylake/ Kabylake/ Coffelake dengan soket 1151 karena soket ini merupakan versi yang terbaru. Dan untuk AMD minimal anda pilih AMD Bristol Ridge karena sudah menggunakan soket AM4 yang terbaru. Soket terbaru memudahan anda jika ingin upgrade prosesor nantinya tanpa harus beli motherboard baru lagi atau beli RAM baru lagi.