Tips Mengatasi Komputer Jika Lemot

By | 30/05/2019

Tips Mengatasi Komputer Jika Lemot

Kembali kepada kodrat, bahwasanya yang namanya barang buatan manusia pasti ada masanya. Begitu juga dengan komputer,makin lama kinerjanya pasti menurun.
Namun begitu bukan berarti hal seperti ini tidak ada solusina. Artikel ringan ini mudah-mudahan sedikit membantu anda yang lagi mengalami peristiwa ini.
Nggak sulit kok, dan ringan-ringan saja, tidak seperti pekerjaan Merakit komputer.
Banyak faktor yang bisa mempengaruhi kinerja komputer jadi lambat, beberapa diantaranya adalah:

Harddisk terlalu penuh
Setiap anda menggunakan komputer, maka akan semakin banyak memori yang dipakai pada harddisk. Jadi alangkah baiknya anda sering-sering memeriksa jumlah memori space pada harddisk anda.

File sistem rusak
Yang dimaksud file system adalah system operasi yang kita pakai, seperti windows 7, windows 8, windows 10 atau system operasi lain diluar Microsoft. System operasi biasanya diinstall pertama kali setelah selesai merakit komputer.
Kerusakan file inipun banyak penyebabnya. Rusak karena virus atau rusak lantaran kita sendiri penyebabnya, mematikan komputer tidak sesuai prosedur bisa menyebabkan file system terganggu.

Banyak File Temporary
Temporary File adalah sebuah file terbentuk saat komputer melakukan proses. File ini fungsinya adalah sebagai penyimpan data sementara saat sebuah file dibuat. Jadi sebenarnya file ini tercipta sebagai file bayangan.
Umumnya file ini terbentuk pada saat komputer memproses sebuah file yang membutuhkan memory besar seperti pengolahan grafik dan video.

Selain itu tujuan Temporary file dibuat adalah untuk memback up sebuah program yang fungsinya bisa diambil kembali saat program aslinya mengalami crash atau gangguan saat pemrosesan data.
Kelemahannya file temporary ini tidak terhapus sendiri ketika komputer telah selesai menjalankan tugasnya, sehingga makin lama makin menumpuk pada harddisk anda. Akibatnya bisa mengganggu kinerja komputer.
Data pada hardisk rusak.
Saya tidak membahas bagaimana memperbaiki hardisik, tetapi sedikit menjelaskan kenapa hardisk rusak bisa memperlambat kerja komputer.

Logikanya begini, harddisk kita umpamakan sebuah buku, penyimpanan datanya ibarat kita menulis sebuah buku, begitu juga komputer membaca harddisk ibaratnya kita membaca buku.
Kita bayangkan jika ada lembaran yang rusak, maka kita akan sulit untuk membaca, kalaupun bisa akan membutuhkan waktu lebih lama.
Begitu juga komputer jika membaca hardisk yang datanya rusak, pasti akan memerlukan waktu.

Biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti komputer mati tiba-tiba data korup, atau software yang korup.

Ruangan Hardik tidak teratur
Apa yang diaksud ruangan harddisk tidak teratur. Anda tahu bahwa pembacaan dan penulisan pada harddisk bersifat acak atau random, artinya saat hardisk menulis atau menyimpan data tidak selalu urut dari atas ke bawah atau sebaliknya. Jadi semau-maunya dia head harddisk ada dimana, maka disitulah akan menulis atau menyimpan.

Bahkan sering terjadi satu file pentimpanannya tidak dalam satu tempat. Akibatnya ada beberapa ruangan hardisk yang masih kosong terlewati, disitulah awal penataan atau penyimpanan data pada harddsik tidak teratur.

Ketidakteraturan penyimpanan file pada harddisk ini juga menyebabkan lambatnya kinerja komputer, sebab bisa jadi pembacaan satu file melompat ke sana kemari akibat peyimpanan tidak dalam satu area. Inilah yang menyebabkan kenapa komputer lambat bekerja.

Adanya Virus
Sudah menjadi rahasia umum bahwasanya virus tidak hanya memperlambat kerja komputer, tetapi lebih dari itu karena virus bisa menyebabkan kerusakan file atau lebih parah lagi menghilangkan file anda.

Terlalu Banyak program start up terpasang
Start up adalah dimana program / software yang dijalankan saat system operasi komputer pertama kali dibuka. Jadi software ini otomatis berjalan saat komputer booting. Software ini aktif di memory komputer setiap saat. Dapat dibayangkan kalau anda banyak mengaktifkan sotware di start up komputer anda.