Tips Cara Merakit Komputer Server Pemula

By | 11/06/2019

Tips Cara Merakit Komputer Server Pemula

Hal inilah yang membuat para vendor tentunya mengeluarkan beberapa tipe server dengan spesifikasi yang beragam. Sehingga memunculkan banyak spesfisikasi yang berbeda beda. Bagi beberapa orang awam tentu menjadi hal yang sulit dalam memilih komputer server mana yang berkualitas. Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan Panduan Tips Memilih Komputer Server Rakitan Yang Berkualitas.

Melalui artikel Tips Cara Merakit Komputer Server ini, Saya sendiri lebih suka merakit server sendiri ketimbang membeli barebone. Namun saya sendiri menjadikan merakit sebagai opsi kedua jika barebone yang saya inginkan sedang kosong atau out of stock.

Untuk anda yang belum tahu apa itu barebone, Barebone adalah komputer setengah jadi yang terdiri dari casing, power supply, motherboard, dan sistem pendingin (CPU Cooler).

Seperti misalnya pada suatu perusahaan besar. Tentunya sering melakukan pekerjaan yang kompleks seperti sharing data, pengolahan data, mengatur arus lalu lintas email, atau lainnya, sudah pasti membutuhkan jenis komputer server berteknologi tinggi. Peran server ini untuk membantu memperlancar segala pekerjaan perusahaan supaya waktu dan pekerjaan menjadi lebih efektif, dengan akan memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Ada banyak hal yang dipertimbangkan dalam memilih komputer server sesuai kebutuhan diantaranya

Motherboard
Ini adalah hal inti dari sebuah komputer. layaknya merakit robot, ini adalah hal awal yang harus dibeli sebelum merakit.

Processor
Perhatikan berapa core dan clock speed, sesuaikan dengan motherboard ataupun budget anda

Tipe dan jenis Memory
Perhatikan tipe slot dari motherboard anda, lalu pilihlah sesuai kebutuhan

HDD/SSD
Perhatikan seperti cache dan kualitas dari storage yang akan kita gunakan. ada baiknya anda mengunjungi website benchmarking hdd ataupun ssd. agar anda tahu seberapa layaknya HDD/SSD yang akan anda gunakan.

Casing komputer server
Jika anda berkeinginan menaruh server anda pada datacenter. tentu anda harus memperhatikan ukuran casing agar dapat menekan budget bulanan colocation server anda. sangat lebih baik jika anda telah memiliki rack server sendiri pada kantor anda.

Dan fitur-fitur lainnya