Spesifikasi dan Keunggulan Samsung S10

By | 01/04/2019

Samsung, Galaxy S10, Galaxy S10 Plus, dan Galaxy S10E baru saja diluncurkan. Tiga smartphone ini bakal meneruskan tongkat estafet seri Galaxy S9, sebagai ujung tombak ponsel premium Samsung tahun ini.

Tak hanya mengandalkan peningkatan spesifikasi, Galaxy S10, Galaxy S10 Plus, dan Galaxy S10E hadir dengan desain yang lebih modern. Berikut ini sejumlah keunggulan yang dimiliki oleh trio smartphone terbaru Samsung itu.

Desain Infinity

Penampilan Samsung Galaxy S10, Galaxy S10 Plus, dan Galaxy S10E ini mengalami perubahan cukup signifikan dengan hadirnya punch hole atau layar “bolong” untuk menempatkan kamera depan. Samsung menyebut panel ini sebagai Infinity-O.

Pabrikan asal Korea Selatan itu bukan kali pertama menerapkan desain Infinity-O lantaran sebelumnya sudah diadopsi di seri Galaxy A8s. Ketiga flagship Galaxy S10 juga menggunakan frame metal kukuh dengan casing berbahan kaca anti-gores.

Layar Berteknologi Dynamic AMOLED

Berbeda dengan generasi sebelumnya yang menggunakan tipe layar Super AMOLED, trio Galaxy S10, Galaxy S10 Plus, dan Galaxy S10E menggunakan teknologi baru Dynamic AMOLED yang telah mendukung HDR10.

Dynamic AMOLED mampu meningkatkan kualitas layar dengan fitur dynamic tone mapping. Fitur ini mampu meningkatkan kontras, menjaga detail saat gelap, dan optimasi warna yang lebih baik.

Performa Tinggi dengan RAM Lebih Besar

Ketiga seri Galaxy S10 menawarkan performa kencang berkat chipset Snapdragron 855 atau Exynos 9820 berkonsep octa-core tergantung wilayah pemasaran, serta diperkuat RAM 8GB. Performa grafis untuk gaming juga semakin kencang dengan dukungan Adreno 640 atau Mali-G76 MP12.

Kapasitas RAM yang diusung juga lebih besar dari pendahulunya. Galaxy S10 Plus tersedia dalam varian RAM, 12GB dan 8GB, sedangkan Galaxy S10 hanya satu varian, yakni RAM 8GB. Sementara Galaxy S10E, menawarkan dua varian RAM, 8GB dan 6GB.

Reverse Wireless Charge & Fast Charge 15W

Trio Samsung Galaxy S10, Galaxy S10 Plus, dan Galaxy S10E mampu mengisi daya baterai lebih cepat berkat teknologi fast charge 15W dan wireless charging 15W. Tak hanya itu, ketiganya dilengkapi fitur reverse wireless charging yang dapat mengisi daya ponsel lain yang berteknologi Qi Wireless charging.

Sensor Sidik Jari In-Display

Khusus Galaxy S10 Plus dan Galaxy S10 telah dilengkapi sensor sidik jari in-display dengan teknologi ultrasonic. Fitur ini memungkinkan pengguna membuka kunci dengan menyentuh layarnya. Lebih praktis daripada generasi sebelumnya.

Sementara Galaxy S10E, masih mengadopsi teknologi sensor sidik jari konvensial, yang disematkan di bagian sisi samping, tepatnya di tombol power.