Cara Merawat PC Gaming dengan Mudah

By | 29/05/2019

Bermain game di komputer saat ini menjadi trend di kalangan masyarakat. Penggemarnya tak hanya berasal dari anak-anak dan remaja saja, tapi orang dewasa pun ikut serta meramaikan PC gaming. Nah agar perangkat tersebut tak mudah rusak, berikut beberapa perawatan PC gaming yang bisa dicoba.

Cara Merawat PC Gaming dengan Mudah

1. Selalu jaga kebersihan komputer

Merawat komputer gaming sebenarnya mirip dengan komputer pada umumnya. Agar PC tak mudah rusak, sebaiknya kamu selalu menjaga kebersihan baik dalam ataupun luar. Untuk bagian luar seperti casing, mouse, keyboard, dan sebagainya gunakan lap halus.

Sedangkan untuk bagian dalam, kamu dapat menggunakan kuas. Apabila tak mengerti tentang seluk beluk komponen dalam, lebih baik minta ahli untuk membersihkan bagian tersebut. Selain itu, jangan dekatkan makanan atau minuman ketika bermain games, karena secara tak langsung dapat mengotori komputer.

2. Jaga tegangan arus

PC gaming sangat rentan mengalami kerusakan apabila tegangan arus listrik rumah tak stabil. Untuk mengatasinya kamu dapat menggunakan alat bernama stabilizer atau stavolt. Alat ini akan membantu menstabilkan tegangan dan mengantisipasi lonjakan listrik saat padam oleh PLN.

Tak hanya sampai disitu saja, agar tak terjadi lonjakan tegangan, sebaiknya hidup-matikan komputer dengan benar. Hindari mematikan komputer dengan mencabut stop kontak atau sumber listrik, karena ini akan membuat lebih cepat rusak.

3. Jaga suhu komputer

Selain tegangan, kamu juga harus menjaga suhu komputer agar tak mudah panas. Semakin panas CPU yang digunakan, maka akan semakin mudah rusak komponen di dalamnya. Bila perlu, tambahkan kipas pendingin pada CPU dan install aplikasi pendingin komputer.

4. Jauhkan dari benda bermagnet

Tentu semua gamers sudah tau bahaya benda bermagnet apabila berada di dekat monitor. Ia dapat membuat monitor menjadi kacau dan mudah rusak. sebenarnya selain monitor, komponen dalam CPU pun juga demikian.

Oleh sebab itu, pastikan benda-benda yang menghasilkan magnetik tidak berada di sekitar komputer. Ya minimal jauhkan dengan jarak 30 cm.

5. Gunakan dengan baik

Inilah perawatan yang paling penting untuk PC gaming. Dengan menggunakan komputer dengan baik, dijamin kamu tak akan mengalami masalah ketika bermain games. Sebaiknya kamu baca kembali buku panduan seputar penggunaan PC gaming tersebut agar semakin awet.